+=+=+

Bandara Siapkan Teknologi Pendeteksi Kebohongan


Bandara di London, Inggris, akan melakukan uji coba sebuah sistem pendeteksi kebohongan. Sistem itu dipakai untuk mengetahui benar atau tidaknya keterangan seseorang yang akan memasuki sebuah negara.

Teknologi yang dikembangkan oleh profesor visual computing dari Universitas Bradford, Hassan Ugail ini dipakai selama proses wawancara dan pengecekan paspor. Salah satu elemen penting dari sistem mililk Ugail ialah bahwa orang-orang yang berada di bawah pengawasan tidak tahu bahwa mereka sedang dimonitor.

Sistem pendeteksi kebohongan ini dibangun melalui observasi bahwa ketika orang berbohong, aktivitas otak mereka meningkat selagi mereka menyiapkan cerita karangan, demikian seperti dikutip  dari News.com, Selasa (6/9/2011).

Akibat aktivitas ekstra ini pula ekspresi wajah orang akan berubah dan ini bisa diukur melalui kamera video yang dihubungkan dengan komputer. Lonjakan kegiatan otak ini juga akan mengakibatkan perubahan aliran darah di sekitar wajah.

Meskipun bisa meningkatkan keamanan, akan tetapi sistem tersebut dikhawatirkan akan memunculkan isu privasi dan penyalahgunaan, seperti untuk memata-matai jadwal pertemuan penting hingga yang remeh temeh seperti dipakai untuk memata-matai pasangan.

Tingkat kesuksesan yang dihasilkan oleh sistem ini sendiri adalah 60-70%. Ugail mengatakan, ia akan bisa meningkatkan keberhasilannya selagi sistemnya diperbaiki.
Tags: ,

Tentang Saya

menulis.menulis dan menulis (maksudnya copas dari web lain) :p ,follow me on twitter @fikrin =)

0 komentar

Leave a Reply

please your comment, If you like this post.. Not Spam, Junk or etc..
get backlink ur website in page >> http://bit.ly/i84aj1

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...