+=+=+

lmuwan Temukan Planet Hitam Misterius


Ilmuwan mengatakan bahwa mereka telah menemukan sebuah planet jauh berwarna hitam pekat yang lebih gelap dari batu bara.

Seperti yang dikutip dari The Age, Jumat (12/8/2011), planet gelap yang ditemukan oleh ilmuwan tersebut merefleksikan hanya satu persen cahaya bintang yang dikitarinya. 

"Planet yang dinamakan TrES-2b tersebut, merupakan sebuah gas raksasa berukuran seperti Jupiter, ketimbang sebuah planet batu padat seperti Bumi atau Mars," ujar para astronom.

Planet TrES-2b mengorbit pada bintang GSC 03549-02811, yang berjarak sekira 750 tahun cahaya di konstelasi bintang Draco the Dragon. 

"TrES-2b memiliki warna yang lebih gelap dari cat akrilik, jadi planet tersebut merupakan dunia yang sangat misterius," ujar David Kipping dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Planet hitam misterius itu sendiri pertama kali terlihat oleh para ilmuwan sekira lima tahun yang lalu. 

Jarak orbit antara TrES-2b dengan bintang induknya adalah 5 juta kilometer. Namun mengapa planet tersebut hanya sedikit sekali memantulkan cahaya matahari? Mengingat jarak Bumi dan Matahari lebih jauh, yakni sekira 150 juta kilometer.

Lalu karena jaraknya cukup dekat bintang induk, ilmuwan pun memperkirakan suhu planet TrES-2b adalah sekira 1.000 derajat celcius.

"Belum jelas apa yang menyebabkan planet ini berwarna begitu gelap," ujar David Spiegel dari Princeton University.

Studi yang diterbitkan di jurnal Monthly Notices ini menggunakan pesawat tanpa awak Kepler milik NASA.
Tags: , ,

Tentang Saya

menulis.menulis dan menulis (maksudnya copas dari web lain) :p ,follow me on twitter @fikrin =)

0 komentar

Leave a Reply

please your comment, If you like this post.. Not Spam, Junk or etc..
get backlink ur website in page >> http://bit.ly/i84aj1

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...