+=+=+

Berkat Google Earth 200.000 Situs Ditemukan di Arab Saudi


PCiklopedia.co.cc - Hampir dua ribu situs arkeologi potensial di Arab Saudi berhasil dijelajahi oleh seorang arkeolog asal Perth, Australia, David Kennedy, tanpa mengunjunginya secara langsung. Ini berkat aplikasi Google Earth.

"Saya belum pernah ke Arab Saudi. Itu bukan negara yang mudah untuk ditembus," ujar profesor arkeologi Universitas Western Australia ini dalam penuturannya kepada Telegraph. Sebagai gantinya, Kennedy memindai area seluas 1.240 kilometer persegi di Arab Saudi dengan menggunakan Google Earth.

Dari gambar satelit dunia maya beresolusi tinggi itulah ia menemukan sekitar 1.977 situs arkeologi potensial, termasuk di antaranya 1.082 makam purbakala yang terbuat dari batu.

Menurut Kennedy juga, foto udara Arab Saudi tidak bisa dilakukan oleh semua arkeolog karena faktor kesulitannya yang tinggi, bahkan mustahil terbang di udara negeri itu. Tetapi Google Earth dapat membuat mereka lebih dekat.

Sejak aplikasi Google Earth diluncurkan lima tahun lalu, peluang mengembangkan "arkeologi dari belakang meja" itu memang terbuka lebar-lebar. Meskipun demikian, Kennedy menegaskan, verifikasi lapangan tetap diperlukan.
Ia sendiri memiliki staf di Arab Saudi untuk diminta melakukan verifikasi ke lokasi situs.

Pada 2008 lalu, para peneliti dari Melbourne, Australia pun telah menemukan 463 situs purbakala potensial di gurun Registan di Afganistan, hanya dengan memanfaatkan komputer mereka.

Sumber : National Geographic
Tags: ,

Tentang Saya

menulis.menulis dan menulis (maksudnya copas dari web lain) :p ,follow me on twitter @fikrin =)

0 komentar

Leave a Reply

please your comment, If you like this post.. Not Spam, Junk or etc..
get backlink ur website in page >> http://bit.ly/i84aj1

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...